Rabu, 19 Maret 2014

Praktikum ^^

Tujuan          : Praktikum ini bertujuan untuk mencari massa jenis minyak tanah
Alat              : - Pipa U
                        - Gelas Ukur berisi minyak tanah 
                        - Gelas Ukur berisi air 
                            - klem dan statif 
Bahan                 : - air secukupnya
                            - minyak tanah secukupnya
Langkah-langkah : - Isi pipa U dengan air secukupnya
                            - Setelah itu isi pada salah satu lubang pipa U dengan minyak tanah secukupnya 
                            - Letakkan pipa U pada klem dan statif. Usahakan sejajar untuk mempermudah                               kita mengukur ketinggian minyak tanah (h2) dan ketinggian air (h1)
                            - Ukur ketinggian minyak tanah (h2) dan ketinggian air (h1)
                            - Hitunglah massa jenis minyak (ρ2) jika massa jenis (ρ1) = 1 g/cm3
Teori                  : " Semua tititk yang terletak pada bidang datar yang sama di dalam zat cair yang                               sejenis memiliki tekanan (mutlak) yang sama"
Pengamatan        : Pengamatan dilakukan bertahap, karena praktikum dilakukan 3 percobaan.
                           
                          - Pada percobaan 1, minyak yang dituangkan tidak terlalu banyak. Minyak yang sudah dituangkan, lalu diukur. Hasil dari pengukuran itu, didapat ketinggian minyak (h2) adalah 1,6 cm. Dan ukur ketinggian air (h1) adalah 1,4 cm. Setelah itu dicari massa jenis minyak (ρ2) jika massa jenis (ρ1) = 1 g/cm. Akhirnya didapat massa jenis minyak (ρ2) adalah 0,87 g/cm3 .

                          
                         - Pada percobaan 2, minyak yang dituangkan lebih banyak dari percobaan 1. Minyak yang sudah dituangkan, lalu diukur. Hasil dari pengukuran itu, didapat ketinggian minyak (h2) adalah 4,5 cm. Dan ukur ketinggian air (h1) adalah 3,4 cm. Setelah itu dicari massa jenis minyak (ρ2) jika massa jenis (ρ1) = 1 g/cm. Akhirnya didapat massa jenis minyak (ρ2) adalah 0,75 g/cm3 .
                         
                         - Pada percobaan 1, minyak yang dituangkan lebih banyak dari percobaan 1 dan percobaan 2. Minyak yang sudah dituangkan, lalu diukur. Hasil dari pengukuran itu, didapat ketinggian minyak (h2) adalah 8 cm. Dan ukur ketinggian air (h1) adalah 6,5 cm. Setelah itu dicari massa jenis minyak (ρ2) jika massa jenis (ρ1) = 1 g/cm. Akhirnya didapat massa jenis minyak (ρ2) adalah 0,81 g/cm3 .

Kesimpulan        : Jadi, massa jenis minyak adalah 0,8 g/cm3 dan dapat juga 0,9 g/cm3. Selain didapatkan dari praktek kita. Saya sebagai penulis pernah membaca di blog lain bahwa massa jens minyak rata-rata adalah 0,845-0,905 g/cm3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar